Laman

  • Beranda

Selasa, 15 Mei 2012

Cara Mengatasi Kerusakan Pada BIOS



Salam Blogger, Apakah anda tau apa yang disebut dengan BIOS? BIOS adalah perangkat lunak komputer yang mengatur sistem seperti jam, kalendar dan perangkat peripheral contohnya : Harddisk, CD-ROM, dan yang lainnya. Jika BIOS anda mengalami masalah, kali ini saya punya tips untuk memperbaiki BIOS yang rusak tersebut atau salah dalam  setup setting. Khusus untuk anda yang suka otak atik daleman atau sistem komputer bahasan ini cocok banget buat kamu.

Masalah BIOS
1.>Gejala : Hati-hati dalam Update Bios, ketika meng-Update anda keliru memilih versi Bios, PC jadi tidak jalan bahkan anda tidak dapat masuk ke BIOS.
>Solusi : Biasanya Update tidak dapat dibatalkan, hanya jenis Motherboard tertentu yang memiliki backup BIOS pada Chip-nya, Disitu tersimpan jenis asli BIOS yang tidak dapat dihapus, untuk dapat merestore-nya. Anda tinggal memindahkan Posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik, BIOS yang asli telah di Restore, kembalikan Posisi Jumper pada posisi semula, dan PC siap dijalankan kembali. Jika Motherboard tidak memiliki pasilitas tersebut, Chip BIOS harus dikirim ke Produsen, Jenis BIOS dapat anda lihat di buku manualnya. Berhati-hati dalam pemasangannya jangan sampai kaki IC BIOS patah atau terbalik Posisinya.

2.>Gejala : CPU mengeluarkan suara Beep beberapa kali di speakernya dan tidak ada tampilan ke layar monitor, padahal monitor tidak bermasalah.
>Solusi : Bunyi Beep menandakan adanya pesan kesalahan tertentu dari BIOS, Bunyi tersebut menunjukan jenis kesalahan apa yang terjadi pada PC, Biasanya kesalahan pada Memory yang tdk terdeteksi, VGA Card, yang tidak terpasang dengan baik, Processor bahkan kabel data Monitor pun bisa jadi penyebabnya.Silahkan anda periksa masalah tersebut.

Berikut Pesan kesalahan BIOS
Bunyi kesalahan BIOS biasanya tidak semua Motherboard menandakan kesalahan yang sama tergantung dari jenis BIOS nya.
[AMI BIOS]

>Beep 1x : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak
>Beep 6x : Kesalahan Gate A20 - Menunjukan Keyboard yang rusak atau IC        Gate A20-nya sendiri 
>Beep 8x : Grapihic Card / VGA Card tidak terpasang dengan baik atau Rusak, >Beep 11x : Checksum Error, periksa Batre Bios, dan ganti dengan yang baru.

[AWARD BIOS]
>Beep 1x Panjang : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak, >Beep 1x Panjang 2x Pendek : Kerusakan Pada Graphic Card (VGA), Periksa bisa juga Pemasangan pada slotnya tidak pas (kurang masuk)
>Beep 1x Panjang 3x Pendek : Keyboard rusak atau tidak terpasang. 
>Beep Tidak terputus / bunyi terus menerus : RAM atau Graphic Card tidak terdeteksi.

Batrey CMOS Rusak / Lemah
1.>Gejala : Muncul Pesan CMOS Checksum Vailure / Batrey Low, diakibatkan tegangna yang men-supply IC CMOS/BIOS tidak normal dikarenakan batrey lemah, sehingga settingan BIOS kembali ke Default-nya/setingan standar pabrik, dan konfigurasi Hardware harus di Set ulang.
>Solusi : Segera Ganti Batrey nya

2.>Gejala : CPU yang sering Hang?
>Solusi : Ada beberapa faktor terjadi hanging diantaranya : Ada BadSector di
Harddisk, Ada Virus, Ada masalah di Hardware seperti Memory Kotor/Rusak, MBoard Kotor/Rusak, Cooling Fan perputaran fan nya sudah lemah, Power Supply tidak stabil.....sebaiknya jangan dipaksakan untuk digunakan karena akan berakibat lebih fatal, silahkan hub: kami untuk dapat mengatasi masalah tersebut

3.>Gejala : Komputer sering tampil blue screen apa penyebabnya?
>Solusi : Pesan Blue Screen bisa disebabkan system windows ada yang rusak, Bisa dari Memory, Bisa dari hardisk, bisa dari komponen lainnya, tergantung
pesan blue screen yang ditampilkan.

4.>Gejala : Komputer jadi lebih lambat dari sebelumnya, padahal awalnya tidak begitu lambat
>Solusi : Penyebab komputer anda prosesnya lambat ada beberapa faktor yaitu : Space hardisk terlalu penuh, terlalu banyak program / software yang memakan space harddisk dan memory, ada virus, harddisk badsector
"selamat mencoba"

0 komentar:

Poskan Komentar