Halaman

  • Beranda

Selasa, 09 Oktober 2012

Sedan dengan Segudang Gadget


Sedan dengan Segudang Gadget - Modifikasi mobil extreme ternyata tak sebatas potong pilar, menggunakan ban lebar, mesin sangar hingga menggunakan pintu gullwing. Mobil bisa tampil extreme dengan tema lain.

Seperti penggila modifikator asal Denpasar satu ini. Ketut Gede Windyatama namanya. Pria berjanggut ini lumayan punya prinsip dalam memodifikasi kendaraan Nissan Sentra. Kendaraanya pun dijuluki K-Mote Digitaly Inteligent. Pemilik menyebutnya sebagai mobil yang diaktifkan melalui sebuah gadget. Apa menariknya?

Pertama, mesin 1.600 cc bisa dinyalakan lewat sebuah gadget Samsung Galacy Tab. Hal menarik lainnya adalah lewat sebuah gadget pintar tersebut juga bisa membuka tutup keempat pintu, mengaktifkan air suspension, kap mesin dan bagasi.

"Modifikasi mobil extreme memang baik. Tapi kalau enggak bisa dipakai bagaimana?. Makanya saya punya prinsip modifikasi mobil extreme tapi efektif untuk digunakan," kata Ketut di ajang Clas Mild Accelera Auto Contest 2012 (CMAAC) di Denpasar.

Sebagai penyokong gadget, Ketut mempercayai rumah modifikasi Firama K-Mote. Firama sebagai juragan gadget di Bali membenamkan Gygabite Motherboard dengan perlengkapan Processor Intel Core 13 3.3 GHZ, memory 4 GB, Harddisc 500 GB, Double NVIDIA VGA Cars yang dilengkapi Bluetooth, WIFI, TV Tuner, dan DVD Draw.

Komponen tersebut terintegrasi dengan 1 Micro Controller sebagai otak perintah. Micro Controller tersebut juga tersambung dengan Samsung Galaxy Tab OS (Operating System) Android sebagai sentral yang pegang kendali.

"Ada 5 Samsung Galaxy Tab. 1 sentral, dan 4 tersemat di masing-masing pintu. Samsung sentral untuk membuka pintu depan dan belakang. Dan ada lagi, penumpang belakang bisa buka kunci sendiri dengan cara menggeser layar pada Samsung Galaxy Tab. Pintu akan membuka secara otomatis berkat motorize," kata Firama.

Jadi, jangan harap Anda menemukan handel pintu. Masing-masing pintu dibuka lewat Galaxy Tab. "Dia (pintu) bisa buka tutup sendiri. Gunanya untuk lock dan buka dengan cara touch dan geser," lanjutnya.

Firama menjelaskan Samsung Galaxy Tab sentral menggunakan saluran WIFI untuk memerintah seluruh komponen di dalam mobil.

"Mobil full gadget, kap, bagasi dan pintu tersedia motorize yang diperintah lewat Samsung Galaxy Tab Sentral. Lewat sentral juga bisa mengaktifkan airsuspension, menyalakan headlamp, kabin light sebagai aksesoris. Master juga bisa mengaktifkan AC, Hazard. Samsung Galaxy Tab sentral bisa dibawa-bawa. Gunanya untuk mengunci pintu dari luar," pungkas Firama.

Nah, dalam proses perampungan, Firama hanya menemukan kesulitan ketika proses syncronize. Kendati demikian dirinya hanya butuh waktu 1 bulan dengan dana sebesar Rp 75 juta.

"Kesulitan adjusting software ke hardware. Pembahasan ini soal robotik. Tapi lama pengerjaan cuma 1 bulan," tambahnya.

Selesai urusan gadget, beralih ke sektor kaki-kaki. Keempat air suspensi dibuat sendiri hingga rombak total bawaan pabrik. Suspension tersebut dikawinkan dengan pelek VIP Status 20 inci VIP yang dibalut dengan ban Accelera 225/30 depan dan belakang. Ban tapak lebar itu dibantu dengan sistem pengereman Brembo di depan dan tromol di bagian belakang.

"Dudukan suspensi semua diubah. Paling lama ngerjainnya 1 minggu. Itu bagian paling lumayan ribet bagi saja. Total air suspensionnya bisa Rp 15-18 juta," pungkas Ketut lulusan universitas Trisakti jurusan arsitek itu.

Selesai urusan kaki-kaki beralih ke bodi. Bodi kit custom dibuat dari bahan fiber dengan baluran cat Speis Hacker warna hitam dan biru hingga ke interior untuk menyelaraskan tampilan luar.

Demi mendapatkan mobil modifikasi extreme, Ketut mengucurkan dana sebesar Rp 250 juta. Sayang tampilan yang memukau tidak disokong dengan mesin sangar. Mesin hanya di tambah NOS untuk mendongkrak tenaga.

"Berkat NOS, tenaga naik 50 persen," tutup Ketut yang mengaku mobil baru rampung setelah menjalani proses 'bedah' selama 3 bulan.

Spesifikasi:



Custom bodi kit fiber
Panoramic glass
10 motorized (4 pintu, 1 kap mesin, 1 bagasi, 4 airsuspension)
HID light
Audio


2 unit sub woofer 12 inci Venom Diablo
2 unit split Venom X
6 unit coaxial Venom X
4 unit 4 inci Venom Black
1 unit 4 channel Venim 406 Diablo
1 unit monoblock Venim 500.1 Diablo monoblock
1 unit parametic equlizer clif desagn CD8EQ
1 unir indicator voltage
1 unit laser

Monitor



3 unit LG LED 16,5 wide
1 unit LG LCD 22 inci
2 unit LCD monitor 7 inci
3 unit LCD monitor 7 inci wide
10 unit LCD monitor 5 inci
Mesin

Asli 1.6 liter E16. Hanya pakai NOS forced induction. Tenaga naik 50 persen. Jeroan mesin masih original.

Gadget



Gygabite motherboard
Processor intel coew 13 3.3 GHZ
Memory 4 GB
Harddisc 500 GB
Double Nvidia VGA cars
Dengan Bluetooth, WIFI, TV Tuner DVD Draw.
Head unit
Centrafuse 4.1 head unit interface car PC yang tersedia layanan multimedia, GPS, radio internet browsing.

Suspensi
4 airsuspensi custom.

Rem
Brembo depan
Tromol belakang

Cat
Speis hacker jet black dikombinasikan dengan blue. Warna interior senada dengan eksterior.
(via :detikoto)

0 komentar:

Posting Komentar