Halaman

  • Beranda

Kamis, 23 Agustus 2012

Fenomena Fanatisme Sepakbola di Media Sosial

Fenomena Fanatisme Sepakbola di Media Sosial - Memang banyak liga populer dari seluruh dunia seperti liga Italia, liga Spanyol, liga Jerman dan banyak lagi. Namun, untuk membatasi ruang lingkupnya, Confuse mencoba fokus dan membuat satu infografis untuk mengukur tingkat popularitas suatu klub liga Inggris di dunia maya.

Dalam membuat infografis ini, Confuse mengumpulkan datanya sampai tanggal 10 Agustus 2012. Dari data tersebut diketahui bahwa sampai saat ini, fans Manchester United di Facebook mencapai sekitar 26,943,700.

Perolehan tertinggi kedua didapat oleh Chelsea yang berhasil mengumpulkan fans dari seluruh dunia di Facebook dengan total 11,791,100. Untuk urutan ketiga diraih oleh Arsenal dengan pencapaian fans sebesar 11,130,600.

Fans dari klub sepakbola yang berlaga di England Premier League (EPL) tersebut juga terdapat di situs microblogging Twitter. Berbanding terbalik dengan yang terdapat di Facebook, fans dari Arsenal berhasil menyodok urutan pertama dengan perolehan follower sebanyak 1,699,100. Urutan kedua masih diperoleh Chelsea dengan total 1,268,200. Sedangkan urutan ketiga dicapai Liverpool dengan perolehan 1,095,100 follower.

Seperti halnya Confuse, situs lain bernama FreeStyleInteractive juga membuat satu infografis dengan data bulan April lalu. Dalam pantauannya, Arsenal, Liverpool, Chelsea dan Manchester City adalah 4 tim paling banyak mendapatkan follower di Twitter. Sedangkan di Facebook, Manchester united, Arsenal, Chelsea dan Liverpool adalah 4 tim paling banyak mendapatkan like.

Dengan banyaknya pengikut di Twitter atau juga penggemar di Facebook, tidak dapat dipungkiri bahwa popularitas sepakbola tidak hanya dimonopoli oleh dunia nyata saja. Apabila EPL mempunyai penggemar sedemikian banyak baik di Twitter ataupun di Facebook, bagaimana fans page untuk setiap klub yang berlaga di Indonesia dalam dunia maya?



0 komentar:

Posting Komentar