Halaman

  • Beranda

Selasa, 14 Agustus 2012

Samsung Terinspirasi dari Semangkuk Air, Bukan iPhone


Desainer Senior Samsung Hyoung Shin Park membantah jika ponsel Samsung dituduh mencontek iPhone. Sebelum Apple merilis iPhone pada 2007, Samsung mengkalim, pihaknya lebih dulu membuat ponsel F700 dengan desain minimalis pada 2006.

Dalam persidangan Apple melawan Samsung di Amerika Serikat, Jumat (10/8/2012), Park menegaskan dirinya terlibat langsung mendesain F700 sejak Mei 2006. Kemudian, aplikasi paten desain F700 itu telah didaftarkan pada Desember 2006.

Sementara Apple, baru resmi memasarkan iPhone generasi pertama pada Juni 2007.

F700 punya desain yang mirip dengan iPhone. Layar sentuh yang ukurannya tidak terlalu besar, berbentuk persegi panjang, setiap sudut didesain melengkung, tepi ponsel diselimuti bezel stainless, dan hanya menggunakan satu tombol fisik di bawah layar. Samsung juga tidak memberi ornamen dan memilih warna hitam yang lembut untuk F700. Ponsel ini punya desain keyboard slider.

"Park terinspirasi oleh semangkuk air, dengan permukaan depan yang halus untuk desainnya," tulis pihak Samsung dalam dokumen yang dihadirkan di persidangan.

Sejak 2010, Apple menuding smartphone Galaxy mencontek desain dan teknologi iPhone, begitu pula tablet Galaxy Tab yang meniru iPad.

Pertarungan hukum antara Apple dan Samsung saat ini sedang berlangsung di AS, sejak 30 Juli 2012 dan akan berlangsung selama kurang lebih 4 pekan. Apple menuntut Samsung membayar ganti rugi sebesar 2,5 miliar dollar AS atas pelanggaran hak paten.

Sementara Samsung, akan berjuang di pengadilan agar pihaknya bisa menjual produk smartphone dan tablet di AS, yang notabene adalah pasar penting. Samsung menyebut Apple mencoba melumpuhkan kompetisi pasar agar terus mendapat keuntungan "selangit" dari penjualan produknya.

0 komentar:

Posting Komentar