Halaman

  • Beranda

Senin, 13 Agustus 2012

Tips dan Trik Merawat Ikan Koki di Akuarium

Siapa yang tak kenal dengan ikan koki, ikan yang gendut dan lucu ini memang merupakan binatang peliharaan yang paling populer dan sangat digemari. Sebelumnya saya memelihara ikan Arwana di Akuarium saya tapi setelah arwana nya mati dan gak punya modal buat beli ikan arwana lagi, saya berfikir untuk memelihara ikan koki saja. Tanpa pikir panjang saya langsung pergi kepasar, tempat dimana banyak penjual ikan peliharaan. Setelah sampai di tempat penjual ikan hias saya tidak langsung membeli ikan.
Saya berjelajah terlebih dahulu untuk mencari toko yang murah meriah, kemudian saya membeli empat ikan koki. Berbekal modem dan sebuah laptop akhirnya saya bisa merawat ikan koki sesuai prosedur. Sedikit tips dalam tahap awal memelihara ikan koki. Pertama, untuk pencarian akuarium disesuaikan dengan keadaan dimana akuarium akan diletakan dan tentunya sesuai dengan biaya, seperti saya yang memilih akuarium ukuran 100cmx50cmx60cm karena akan diletakan diruang tamu. Kedua, pemakaian gelembung udara karena ikan koki sangat membutuhkan oksigen dalam akuarium, tapi dalam memilihnya disesuaikan jika letak akuarium dikamar usahakan membelinya yang ukuran kecil agar tidak berisik dan tidak mengganggu saat tidur. Terakhir, pencahayaan sangat penting karena kurang menarik jika tidak ada cahaya dalam akuarium. 
  • Inilah Penampakan Akuarium yang ada dirumah saya

Berikut adalah langkah-langkah untuk merawat Ikan mas Koki:
  1. Ikan koki sangat membutuhkan gelembung udara maka akuarium harus tersedia air pump (penghasil gelembung udara akuarium).
  2. Jika menggunakan berbagai hiasan akuarium atau alas (pasir atau batu-batuan) cucilah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dan air tidak keruh.
  3. Beri makan cukup 1x sehari dan jangan terlalu banyak (tergantung jumlah ikan yang dimiliki) agar ikan lebih agresif.
  4. Kuras air akuarium sekitar satu bulan sekali (tergantung berapa lama air dapat bertahan)
  5. Pada saat menguras akuarium sebelum dibuang ambil dahulu sekitar satu gayung air yang ada di akuarium. Lalu ambil ikan koki menggunakan jaring atau jala (jangan pakai tangan).
  6. Letakkan ikan di air akuarium yang sudah diambil dalam gayung, kemudian bersihkan akuarium bisa dengan sikat atau spon pembersih.
  7. Jika sudah, isi kembali akuarium dengan air baru, kemudian masukkan ikan koki bersama dengan air yang masih ada di gayung tadi. Hal ini untuk mencegah ikan koki stress dan supaya bisa cepat adaptasi lagi.
  8. Ulangi langkah-langkah diatas secara berkala dan rutin.

0 komentar:

Posting Komentar