Halaman

  • Beranda

Jumat, 14 Desember 2012

Kardus Disulap Jadi Helm yang Aman


Pernah melihat kardus jadi pengaman kepala (helm). Mungkin ini asing dan sangat aneh. Namun di tangan orang kreatif, bahan baku kardus terbukti menjadi sebuah penutup kepala yang aman.

Helm yang terbat dari kardus itu berhasil diciptakan oleh mahasiswa Royal College, Anirudha Surabhi. Tentu ini sebuah hasil yang membanggakan.

Oleh Surabhi kardus dipotong hingga membuat rangkaian dan bisa disatukan seperti tulang. Dirinya mengaku rangkaian tersebut terinpirasi dari satuan tulang rawan burung pelatuk.

Rangkaian kardus itu digabungkan dengan menggunakan bahan plastik atau fiber. Ada 3 lapisan helm kardus. Lapisan atas, tengah dan paling bawah. Sementara itu bahan baku kardus diletakkan di bagian tengah.

Dilansir autoevolution, Jumat (14/12/2012) Surabhi mengatakan, pengembangan helm yang menggunakan struktur karton modular ini dapat menahan kekuatan 3 kali dari helm konvensional, dan 15 persen lebih ringan dari helm yang tidak menggunakan bahan kardus.

Surabhi menjelaskan bahan baku kardus yang dia gunakan adalah kardus D2 atau Dual Density Honey Comb Board yang dibuat dari kertas daur ulang. Kardus D2 ini diakui mudah dibentuk sesuai keinginan dengan ketahana luar biasa.

Surabhi berharap helm temuannya ini bisa diproduksi massal di masa mendatang demi keselamatan pengendara motor di dunia.

(DetikOto)

0 komentar:

Posting Komentar