Halaman

  • Beranda

Jumat, 14 Desember 2012

Pabrik Yamaha di Karawang Terbesar di Dunia


Di mana pabrik Yamaha terbesar di dunia. Jawabannya di Karawang, Jawa Barat. Pabrik dengan nama PT Yamaha Motor Manufacturing West Java (YMMWJ) ini berada di Jalan Permata 1 Lot BB- 1 Kawasan Industri KIIC, Karawang, Jawa Barat. 

YMMWJ ini merupakan pabrik Yamaha dengan kapasitas produksi terbesar di seluruh dunia.

"Untuk pabrik kami (Yamaha) yang berada di Karawang ini paling besar kapasitasnya di seluruh dunia," tegas Asep Mulyawan, HRD Departement Training & Development Staf, kepada para wartawan di markasnya di Karawang, Jawa Barat, Jumat (14/12/2012).

Asep menjelaskan, pabrik Yamaha ini kenapa dibilang terbesar di seluruh dunia karena kapasitas produksinya bisa mencapai 2 juta unit dalam 1 tahun.

"Untuk 1 tahun kami bisa memproduksi 2 juta unit motor bahkan bisa lebih," akunya.

Dengan memiliki luas 35,6 hektare, pabrik Yamaha West Java ini berhasil memproduksi 5 model motor Yamaha, diantaranya New Jupiter Z1, Vega ZR, Mio J, Fino, dan terakhir Soul GT. Kapasitas karyawannya kurang lebih mencapai 5.557 orang.

Tidak hanya itu, pabrik Yamaha ini juga sudah mengusung teknologi modern baik dari segi produksi maupun non produksi. "Teknologinya bisa dikatakan paling maju di Indonesia. Kami juga sudah memiliki 95 persen untuk lokal kontennya," timpalnya.

Lebih lanjut, pabrik yang mulai berdiri pada 23 November 2004 dan diresmikan oleh presiden Republik Indonesia pada 26 Januari 2006 setiap harinya mampu memproduksi 3.000 unit untuk Mio J, 1.000 unit untuk Vega ZR dan Jupiter, dan 500 unit untuk Soul GT.

"Di sini juga kami melakukan ekspor untuk beberapa negara seperti Afrika dan negara lainnya. Motor yang kami ekspor seperti Mio dan bisa 1.000 unit dalam satu bulan," tandasnya.

(DetikOto)

0 komentar:

Posting Komentar