Halaman

  • Beranda

Kamis, 13 September 2012

5 Perusahaan Bakal Untung Besar dari iPhone 5


5 Perusahaan Bakal Untung Besar dari iPhone 5 - iPhone terbaru dari Apple, yang kemungkinan besar diberi nama iPhone 5, bakal diluncurkan pada 12 September mendatang di San Francisco, AS.

Bukan hanya Apple yang akan meraup banyak untung dari iPhone 5. Beberapa perusahaan lain juga diprediksi akan kecipratan untung.

Setidaknya, ada lima perusahaan yang berperan besar dalam pembangunan iPhone 5. Berikut lima perusahaan yang terikat kontrak kerja sama dengan Apple untuk komponen perangkat keras iPhone 5.

1. Samsung

Chip prosesor iPhone 5 memang didesain oleh Apple. Namun, Apple memercayakan Samsung sebagai perusahaan yang memproduksi chip prosesor untuk perangkat mobile-nya. Prosesor iPhone dan iPad dibangun oleh Samsung di pabrik yang berlokasi di Texas, Amerika Serikat.

Meski keduanya bersitegang soal hak paten, mereka masih saling membutuhkan dalam bisnis komponen perangkat keras. Apple hingga kini masih jadi pelanggan terbesar Samsung, kontrak bisnis di antara keduanya disebut-sebut mencapai miliaran dollar AS.

Selain chip prosesor, Samsung juga memproduksi chip memori, termasuk dynamic random access memory (DRAM) dan NAND untuk perangkat mobile Apple. Bahkan, Samsung juga turut memproduksi panel layar datar iPhone dan iPad.

2 & 3. Sharp dan LG

Selain Samsung, panel layar datar iPhone 5 juga diproduksi oleh Sharp dan LG. Ketiganya berkontribusi merealisasikan teknologi layar sentuh dan retina display yang didesain Apple.

4. Qualcomm

Berdasarkan rumor yang beredar, iPhone 5 dapat berjalan di jaringan nirkabel tercepat di dunia yang disebut Long Term Evolution (LTE).

Chip untuk mendukung jaringan LTE pada iPhone 5 ini menggunakan teknologi yang didesain oleh Qualcomm. Apple wajib membayar lisensi paten kepada Qualcomm karena telah menggunakan teknologinya.

Perusahaan asal San Diego, AS, ini fokus pada penelitian dan pengembangan teknologi di bidang wireless mobile.

5. Sony

Dalam sebuah wawancara dengan The Wall Street Journal pada April lalu, CEO Sony Howard Stringer tak sengaja mengatakan pihaknya sedang bersiap membuat komponen kamera untuk iPhone 5.

Ya, komponen dan teknologi sensor kamera iPhone 5 diproduksi oleh Sony di pabrik yang berlokasi di Sendai, Jepang.(teknokompas)

0 komentar:

Posting Komentar